CARA MENENTUKAN JUDUL SKRIPSI


HELLO...
Semoga selalu dalam keadaan sehat ya guys.

Hari ini aku mau kasih tau beberapa tips untuk kalian-kalian mahasiswa akhir, yang dalam pikirannya masih mencari masalah apa yang cocok ya untuk diangkat menjadi topik skripsi kita. Oke supaya tidak berlama-lama, aku mau langsung kasih tau ke kalian beberapa tips dari aku yang aku terapin juga saat aku sedang dalam proses penyusunan skripsi.

💥Tips #1 - TENTUKAN MATA KULIAHNYA

Patikan kalian tau apa mata kuliah yang menjadi andalan kalian. "Maksudnya gimana nih?" Oke, jadi kan kita kuliah pasti ada beberapa mata kuliah yang kita ambil dalam beberapa semester itu, nah disitu kalian tentukan kira-kira mata kuliah apa yang "KLOP" dengan pemikiran kalian. Mata kuliah yang menurut kalian setiap dibicarain itu otak kalian ngalir aja terus yang membuat mood kalian senang dan semangat jika sedang diskusiin mata kuliah itu.

Nah, kalau aku sewaktu kuliah lebih suka ke materi politik. Materi politik itu juga banyak cabangnya, itu kita kerucutkan lagi menjadi politik apa gitu. Misal kalau di jurusan aku itu materi politik terbagi menjadi, politik hukum, sosiologi politik, sistem politik Indonesia. Nah dari semua itu pilihan hati aku jatuh ke sosiologi politik.

💥Tips #2 - TENTUKAN BAGIANNYA

Selanjutnya, setelah ketemu mata kuliahnya kita tentukan materi yang mana dalam mata kuliah itu yang cocok dengan kita. Contohnya, aku milih mata kuliah sosiologi politik, nah didalam itu dalam materi mengenai sosialisasi. KLOP, aku suka dengan materi itu. kita tentukan lah langkah selanjutnya.

💥Tips #3 - TENTUKAN PERMASALAHAN YANG BERKAITAN DENGAN MATERI YANG DIPILIH

Pada langkah ini, kalian dituntut untuk JELI, ataupun PEKA. Maksudnya, kalian dituntut untuk melihat sekitaran kalian yang kira-kira mana sesuatu hal yang terjadi dimasyarakat tidak sesuai dengan teori yang ada. Misalnya, seharusnya sapi itu makannya rumput, namun di masyarakat kalian melihat sapinya makan daging. Nah itu ada suatu hal yang tidak cocok kan ? kalau dalam bahasa keilmuannya adalah Das Sein atau keadaan yang kita temui tidak sesuai dengan Das Sollen yaitu harapan kita akan sesuatu. Jadi Sapi yang makan daging itu tidak sesuai dengan harapan kita bahwa seharusnya sapi itu makan rumput.

Ketidak sesuaian itulah nanti yang menjadi permasalahan yang akan kalian pecahkan didalam penyusuna skripsi.

💥Tips #4 - TENTUKAN VARIABELNYA

Dari sisi variabel, ini suatu hal yang sangat penting juga dalam penyusunan skripsi. Disini kalian bisa menentukan mau berapa variabel yang akan kalian gunakan. Penentuan variabel yang kalian gunakan juga akan berpengaruh teradap bagaimana cara kalian dalam mengolah hasil penelitian kalian.
Kalian bisa menggunakan satu variabel, dua variabel, ataupun tiga variabel. Namun, yang sering digunakan orang yaitu dua variabel yaitu variabel X dan Y.

Contohnya, kalau saat skripsi aku ambil dua variabel, yaitu variabel sosialisasi politik sebagai variabel X dan variabel partisipasi politik sebagai variablel Y.

Penting juga diperhatikan, dalam pemasangan variabel jika kalian mau menggunakan dua ataupun lebih itu harus ada kecocokan antara variabel yang dipasangkan. Misalnya antara kelaparan dengan kemiskinan itu memiliki kecocokan. Kalau pada kasus saya, sosialisasi dengan partisipasi juga memiliki kecocokan. seseorang akan ikut berpartisipasi jika sudah mengerti akan sesuatu hal, bagaimana seseorang itu mengertinya ? dengan cara melakukan suatu sosialisasi.

💥Tips #5 - JUDUL TIDAK HARUS BERKONOTASI "NEGATIF"

Dalam menentukan judul skripsi, kalian tidak selalu harus mencari permasalahan yang berkonotasi negatif. Misalnya dalam penelitianku, aku ambil penelitian meneliti mengenai partisipasi politik yang tinggi. Jadi, disitu mau dilihat bagaimana bentuk sosialisasi yang mereka terima sehingga mengakibatkan partisipasi politik yang tinggi. Disini aku mengambil hal positifnya dari suatu kejadian.

Hal positif juga bisa dijadikan suatu landasan dalam penelitian. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai rujukan untuk memajukan daerah yang lain.

Contoh lagi, banyak penelitian yang mencari tahu kenapa negara Jepang itu bisa maju. Nah dari beberapa hasil penelitian yang dihasilkan, itu semua dijadikan rujukan ataupun acuan terhadap suatu negara yang ingin memajukan negaranya, bisa dengan cara mengitu apa yang negara Jepang lakukan.

~~~
Nah itu tadi beberapa tips dari aku yang bisa kalian gunakan dalam menentukan judul ataupun topik skripsi kalian. Jika masih ada suatu hal yang ingin ditanyakan, bisa langsung menanyakan di kolom komentar. akhir kata aku ucapkan terimakasih...

😊Find me on:
YouTube
Instagram


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Post a Comment

eeitss.. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu ya :)