RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP/ MTs
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas /Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Keberagaman Suku,
Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 5 x 120 JP (5 Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami
pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
NO |
Kompetensi Dasar
(KD) |
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) |
1. |
1.4
Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan. |
1.4.1 Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki
bangsa Indonesia. 1.4.2 Menghargai keberagaman norma, suku,
agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika. |
2.
|
2.4
Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
2.4.1 Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari
keberagaman suku, agama, ras, dan
antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 2.4.2 Memiliki sikap tidak membedakan teman
yang berbeda suku, agama, dan ras. |
3.
|
3.4
Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
3.4.1 Mendeskripsikan keberagaman masyarakat
Indonesia. 3.4.2 Menganalisis factor penyebab keberagaman
masyarakat Indonesia. 3.4.3 Mendeskripsikan keberagaman suku dalam
masyarakat Indonesia. 3.4.4 Mendeskripsikan keberagaman ras dalam
masyarakat Indonesia. 3.4.5 Menganalisis keberadaan antargolongan
dalam masyarakat Indonesia. 3.4.6 Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal
Ika. 3.4.7 Menunjukkan arti penting keberagaman
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
4.
|
4.4
Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
4.4.1 Menyusun laporan hasil telaah keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 4.4.2 Menyajikan laporan hasil telaah
keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
à Menganalisis
faaktor penyebab keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia
2. Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ã
Menganalisis keberagaman
suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia
3.
Pertemuan
Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ã
Menganalisis arti penting persatuan
dan kesatuan
4.
Pertemuan
Keempat
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ã
Menganalisis perilaku toleransi
terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan
5.
Pertemuan
Kelima
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
Ã
Membahas proyek kewarganegaraan
Fokus
nilai-nilai sikap
1.
Toleransi
2.
Menghargai
perbedaan Agama
3. Persahabatan
4.
Menghormati
keragaman suku, budaya dan Agama
D.
Materi
Pembelajaran
1. Keberagaman dalam
Masyarakat Indonesia
a.
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang
terdapat banyak perbedaan
dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama,
keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin.
Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan
bangsa.
b.
Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya
Keberagaman bangsa Indonesia, terutama terbentuk oleh
jumlah suku bangsa yang
mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana. Setiap suku bangsa
mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun
budaya. Menurut penelitian Badan Pusat Statistik yang dilaksanakan tahun
2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Antarsuku bangsa di Indonesia
memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di
Indonesia.
c.
Keberagaman Agama dan Kepercayaan
d.
Keberagaman Ras
2.
Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal
Ika
Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak
positif sekaligus dampak negatif
bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi
perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan
bahkan kehancuran bangsa dan negara. Keberagaman suku bangsa, budaya, ras,
agama, dan antargolongan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke
Indonesia. Kita tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga keindahan dalam
keberagaman masyarakat Indonesia.
3.
Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan
Antargolongan
Persatuan dan kesatuan di sebuah negara yang beragam
dapat diciptakan salah satunya dengan perilaku masyarakat yang
menghormati keberagaman bangsa dalam wujud perilaku toleran terhadap
keberagaman tersebut. Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap sabar,
membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang
memiliki pendapat berbeda. Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terhadap martabat
manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keikhlasan sesama apa pun agama,
suku, golongan, ideologi atau pandangannya.
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2.
Model
Pembelajaran : Pertemuan
1. Jigsaw
Pertemuan 2. Discovery Learning
Pertemuan 3. Problem Base Learning
Pertemuan 4. Inquiry Learning
Pertemuan 5. Project Base Learning
3. Metode Pembelajaran : Pertemuan 1. Diskusi
Pertemuan 2.
Diskusi
Pertemuan 3.
Diskusi
Pertemuan 4.
Diskusi
Pertemuan 5.
Diskusi
F. Media
Pembelajaran
1.
Media
LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan
Tayang
G. Sumber
Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan
ajar,
4.
Internet,
5. Sumber lain
yang relevan
H.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit ) |
Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan
kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 2. Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu daerah di Indonesia atau
bermain permainan daerah. 3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab suku dan budaya di
Indonesia, dan mengamati gambar keberagaman bangsa Indonesia. 4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
yang akan dicapai. 5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran. 6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
peserta didik. |
15 menit |
||
Kegiatan Inti
|
90 menit |
||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) |
|
||
Kegiatan Penutup 1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya jawab secara klasikal 2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses
pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan
berkaitan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat perumusan, dengan
meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini. a)
Apa manfaat yang diperoleh dari
mempelajari keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat? b)
Apa sikap yang kalian peroleh
dari proses pembelajaran yang telah dilakukan? c)
Apa manfaat yang diperoleh
melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan? d)
Apa rencana tindak lanjut akan
kalian lakukan? e)
Apa sikap yang perlu dilakukan
selanjutnya? 3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah
kelompok. 4. Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi soal
disusun guru sesuai indikator pencapaian kompetensi. 5. Guru menjelaskna materi pertemuan berikutnya dan tugas mempelajari materi
Bab 4, Subbab A. |
15 menit |
1. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit ) |
Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan
dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 2. Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu daerah di Indonesia atau
bermain permainan daerah. 3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab ras, agama dan antargolongan
di Indonesia. 4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
yang akan dicapai. 5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran. 6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
peserta didik. |
15 menit |
||
Kegiatan
Inti
|
90 menit |
||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan) |
|
||
Kegiatan Penutup 1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya jawab secara klasikal 2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses
pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan
berkaitan keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat perumusan,
dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut. a)
Apa manfaat yang diperoleh dari
mempelajari keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat? b)
Apa sikap yang kalian peroleh
dari proses pembelajaran yang telah dilakukan? c)
Apa manfaat yang diperoleh
melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan? d)
Apa rencana tindak lanjut akan
kalian lakukan? e)
Apa sikap yang perlu dilakukan
selanjutnya? 3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah
kelompok. 4. Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi 4.2 atau
soal yang disusun guru sesuai indikator pencapaian kompetensi. 5. Guru menjelaskna materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca
materi Bab 4, Subbab B. |
15 menit |
1. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40 menit ) |
Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik,
kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 2. Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu
wajib nasional atau permainan. 3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai arti penting
keberagaman masyarakat Indonesia. 4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
yang akan dicapai. 5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran. 6. Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan peserta didik. |
15 menit |
||
Kegiatan Inti
|
90 Menit |
||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan) |
|
||
Kegiatan Penutup 1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya jawab secara klasikal. 2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran
yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat materi pembelajaran,
sikap dan tindakan yang akan dilakukan. 3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan 4. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya bahwa setiap
kelompok untuk mempelajari Bab 4 Subbab C. |
15 menit |
1. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 40 menit ) |
Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik,
kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 2. Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu
daerah atau permainan daerah. 3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai perilaku toleransi
terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan. 4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
yang akan dicapai. 5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran. 6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
peserta didik. |
15 menit |
||
Kegiatan Inti
|
90 Menit |
||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan) |
|
||
Kegiatan Penutup 1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya jawab secara klasikal. 2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses
pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat materi
pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan. 3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan 4. Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya bahwa setiap
kelompok untuk melakukan proyek kewarganegaraan. |
15 menit |
1. Pertemuan Ke-5 ( 3 x 40 menit ) |
Waktu |
||
Kegiatan Pendahuluan 1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik,
kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar. 2. Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu
daerah atau permainan daerah 3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai praktik
kewarganegaraan menampilkan budaya daerah Indonesia. 4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
yang akan dicapai. 5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran. 6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
peserta didik. |
15 Menit |
||
Kegiatan Inti
|
90 Menit |
||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan) |
|
||
Kegiatan Penutup 1. Guru memberikan apresiasi
kepada kelompok yang tampil dengan penampilan paling menarik 2. Guru membimbing peserta didik
untuk menyimpulkan manfaat dari pembelajaran yang telah dilakukan |
15 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.Teknik Penilaian:
à Sikap (Spiritualdan Sosial)
â
Observasi (jurnal) (Terlampir)
à Pengetahuan
â
Observasi dan Ter tertulis
(Terlampir)
à Keterampilan
â
Kinerja (Terlampir)
2.Pembelajaran Remedial:
Kegiatan pembelajaran remedial dilaksanakan
dalam bentuk:
à Remidial dapat diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai
KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
à Guru memberi semangat kepada
peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan
memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian
Ketuntasan Minimal)
3.Pembelajaran
Pengayaan:
Kegiatan pembelajaranpengayaan dilaksanakan dalam bentuk:
à Pengayaan diberikan untuk menambah
wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada
peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
à Pengayaan dapat ditagihkan atau
tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
à Direncanakan berdasarkan IPK atau
materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas
Batam, Januari 2020
Mengetahui,
Kepala
SMPN 9 Batam Guru
Mata Pelajaran
Dra. Eny Murtiyastuti, M.Si Widia Kusuma Wardani, S.Pd
NIP. 19650928 199802 2 003 NIP. 19960602 201903 2 001
1.
Penilaian Sikap
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah :SMPN 9 Batam
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun pelajaran : 2019/2020
Mata Pelajaran : PPKN
No |
Waktu |
Nama Siswa |
CatatanPerilaku |
ButirSikap |
Ttd |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
………………………..
Penilai
(……………..…....…)
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah : SMPN 9 Batam
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun pelajaran : 2019/2020
Mata Pelajaran : PPKN
No |
Waktu |
Nama Siswa |
CatatanPerilaku |
Butir Sikap |
Ttd |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
... |
2. |
|
|
|
|
|
|
Dst.. |
|
|
|
|
|
|
………………………..
Penilai
(……………..…....…)
2.
Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
Observasi Pengetahuan
Kelas : ……..............…….
Semester : ……..............…….
Pengetahuan yang dinilai :
Macam-Macam
Norma
No |
Nama Peserta Didik |
Jawaban Peserta Didik |
|||
Menjawab Saja |
Mendefenisikan |
Mendefinisikan dan sedikit
Uraian |
Mendefinisikan dan Penjelasan
Logis |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
Observasi
pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam diskusi. Penskoran
aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai
maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.
Skor 1 jika
jawaban hanya berupaya menjawab saja.
Skor 2 jika
jawaban berupa mendefinisikan.
Skor 3 jika
jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.
Skor 4 jika
jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.
Nilai =
Skor Perolehan × 25
Uji
Kompetensi 4.1
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan
penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia!
2.
Jelaskan 3
(tiga) suku bangsa di Indonesia, mengenai :
a. asal daerah,
b. bahasa yang digunakan, dan
c. pakaian yang digunakan.
3.
Jelaskan
masing-masing 3 (tiga) budaya berikut dan asal daerah :
a. lagu daerah,
b. tarian daerah, dan
c. alat musik daerah.
Jawaban
1.
Penyebab
keragaman masyarakat Indonesia.
a. Letak strategis wilayah Indonesia.
b. Kondisi negara kepulauan.
c. Perbedaan kondisi alam.
d. Keadaan transportasi dan komunikasi.
e. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.
(nilai 40)
2.
Tiga suku
bangsa di Indonesia berkaitan dengan asal daerah, bahasa yang digunakan dan pakaian adat yang digunakan
(disesuaikan dengan lingkungan daerah tempat tinggal sekitarnya).
(nilai 30)
3.
Tiga contoh
kebudayaan daerah berkaitan dengan lagu daerah, tarian daerah, dan alat musik daerah (disesuaikan dengan
lingkungan daerah tempat tinggal sekitarnya. (nilai 30)
Uji
Kompetensi 4.2
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan
penyebab keragaman agama di Indonesia!
2.
Jelaskan 3
(tiga) manfaat keberagaman di lingkungan sekolah!
3.
Bagaimana
upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?
Jawaban
1.
Penyebab
keragaman agama di Indonesia diakibatkan pengaruh letak geografis kepulauan dan jalur perdagangan
internasional.(30)
2.
Tiga
manfaat keragaman di lingkungan sekolah, antara lain sebagai berikut.
a) Menghargai perbedaan dalam lingkungan
pergaulan dengan teman di sekolah
b) Saling mengenal satu sama lain.
c) Memperkokoh persatuan dan kesatuan.(30)
3.
Upaya agar
keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa, antara lain dilakukan dengan cara sebagai
berikut.
a) Tidak menonjolkan perbedaan keberagaman
dalam pergaulan hidup seharihari.
b) Mengedepankan persamaan sebagai warga
negara Indonesia.
c)
Saling
menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.(40)
Nilai soal
1 + Nilai Soal 2 + Nilai Soal 3 = 100
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian
kompetensi keterampilan menggunakan teknik penilaian kinerja untuk menilai aktivitas yang
dilakukan oleh peserta didik.
No |
Nama Peserta Didik |
Kemampuan Bertanya |
Kemampuan Menjawab/ Berargumentasi |
Memberi Masukan/Saran |
Mengapresiasi |
||||||||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Ani |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Anna |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Dst... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Diisi dengan tanda cek ( )
Kategori
Penilaian : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1
= kurang
Nilai = Skor
Perolehan × 50
2
No |
Aspek |
Penskoran |
1 |
Kemampuan Bertanya |
Skor 4 apabila
selalu bertanya. Skor 3 apabila
sering bertanya. Skor 2 apabila
kadang-kadang bertanya. Skor 1 apabila
tidak pernah bertanya. |
2 |
Kemampuan Menjawab/ Argumentasi |
Skor 4 apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan jelas. Skor 3 apabila
materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas. Skor 2 apabila
materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas. Skor 1 apabila
materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas. |
3 |
Kemampuan Memberi Masukan |
Skor 4 apabila
selalu memberi masukan. Skor 3 apabila
sering memberi masukan. Skor 2 apabila
kadang-kadang memberi masukan. Skor 1 apabila
tidak pernah memberi masukan. |
4 |
Mengapresiasi |
Skor 4 apabila
selalu memberikan pujian. Skor 3 apabila
sering memberikan pujian. Skor 2 apabila
kadang-kadang memberi pujian. Skor 1 apabila
tidak pernah memberi pujian. |
ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible
0 komentar:
Post a Comment
eeitss.. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu ya :)