Cara Nabung Anak Milenial


Assalamualaikum milenial...

Kalian sudah pada nabung belum? nah kalau belum, kalian harus mulai nabung dari sekarang. Kenapa? karena akan mempermudah langkah kalian di kemudian harinya nanti,

Sebenanrnya kegiatan menabung itu apa sih? dalam pengertian simpelnya, kegiatan menabung adalah suatu kegiatan untuk menyisihkan uang kita. Menyisihkan dalam artian kata untuk disimpan ya.


Dalam menyisihkan uang itu, jumlah atau banyaknya tergantung dengan kebutuhan serta pendapatan kita. Jadi, yang mengerti akan kebutuhan kita itu ya pasti kita sendiri, sehingga kita harus merumuskan sendiri berapa jumlahnya. Tapi, terkadang menabung itu tidaklah mudah 😁 karena banyak sekali godaan yang datang terutama untuk perempuan. Nah, gimana sih caranya agar kita tetap bisa nabung meskipun godaan selalu menghampiri? Simak penjelasan cara menabung untuk milenial dibawah ini ya..

  • Hitung berapa pendapatan kotor
Cara yang pertama yaitu menghitung pendapatan kotor kita. Misalnya kita kerja dengan gaji pokkok kira-kira 5jt/bulan. 5jt itu masih merupakan pendapatan kotor kita. Untuk anak kost, dalam setiap bulannya pasti kita membutuhkan pengeluaran yang lebih untuk pembayaran kost, uang makan, transpot menuju tempat kerja, dan keperluan rutin bulanan seperti sabun, parfume, dll.
Oke, kita anggap segala keperluan yang disebutkan sebelumnya kurang lebih 2jt/bulan. Sehingga, pendapatan kotor yang kalian punya yaitu 5jt dan pendapatan bersih kalian 3jt/bulan.

  • Sisihkan sebagian untuk uang yang tidak terduga
Cara yang kedua yaitu kita harus menyisihkan beberapa rupiah untuk uang yang tidak terduga setiap bulannya. Uang yang tidak terduga itu untuk apa nantinya? Misalnya, bagi kalian yang hidup di perantauan sehingga mengharuskan untuk jauh dari keluarga terutama orang tua. Apabila disuatu hari nanti ada keadaan dimana kalian memiliki keperluan yang mendadak yang mengharuskan kalian untuk pulang kampung, kalian tidak bingung lagi mencari dana. Selain itu, adanya uang tak terduga ini juga memudahkan kita jika sedang membutuhkan uang yang sangat terdesak sehingga kita bisa menggunakannya tanpa harus mengembalikannya lagi. 

Jadi, uang tak terduga ini berbeda dengan uang tabungan. Kalau uang tabungan dilarang dengan keras untuk diambil. Jika kita dengan mudah mengambil uang tabungan, pasti kita akan beranggapan "ah aku punya uang simpanan kok, itu kan bisa dipakai kapan aja" NO!!!.
Jangan pernah punya pemikiran seperti itu jika saat kalian menabung, kalian tidak mempunyai uang tak terduga. JIka kalian memiliki pemikiran seperti itu, yakinlah tabungan kalian tidak akan bertambah-tambah. Uang tak terduga ini tidak perlu banyak asalkan kalian rutin menyisihkannya. Dalam hal ini kita anggap uang tak terduga yang harus kita keluarkan setiap bulannya yaitu 300rb. Sehingga uang bersih kita tinggal 2,7jt.

  • Uang pegangan itu penting 
Cara yang ketiga yaitu kalian juga harus punya uang pegangan untuk kalian pergunakan sehari-hari. Misalnya, teman-teman ngajakin ngopi-ngopi, jangan karena kalian lagu nabung sampai-sampai semua ajakan temen kalian basmi dengan kalimat tidak 😁. Memberikan sedikit penghargaan untuk diri sendiri tidak ada salahnya asalkan tidak berlebihan. Oke dalam kasus ini kita keluarkan 500rb setiap bulannya untuk uang pegangan. Sehingga sisa uang bersih kita adalah 2,2jt.

  • Tentukan tujuan kalian menabung
Ini adalah hal yang paling penting!! Kalau mau kegiatan menabung kalian berhasil kalian harus punya tujuan sehingga dengan tujuan itu akan membuat kalian konsisten. Ingat ya K.O.N.S.I.S.T.E.N ya walaupun terkadaang itu berat 😁. Sisa uang bersih yang kita punya adalah 2,2jt. Segitulah yang harus kita tabung setiap bulannya untuk mencapai tujuan kita. Misalnya tujuan untuk beli rumah, mobil, atau apapun itu.

Nah itu dia empat cara menabung untuk kalian anak milenial. Dalam mempraktekannya kita hanya perlu satu kunci, yaitu KONSISTEN. Kalau sudah konsisten pasti tidak berat untuk memasukan kedalam setiap pos nya. Ingat ya, jika kalian sedang menabung, kalian harus MENUTUP sekuat mungkin pintu pengeluaran, salah satunya kreditan, shoping, dll. Karena itu bisa membocorkan setiap pos yang sudah kalian bangun.

Sekian dulu postingan hari ini, Yap, SELAMAT MENCOBA dan SUKSES untuk kaum MILENIAL...

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

5 komentar:

  1. Tambahan, kalau saran saya, lebih baik tabung uang di reksadana. Sambil belajar berinvestasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener sekali.. bakal naik juga nilainya dikemudian hari. Terimakasih tambahannya mas, ntar dibahas lebih lanjut tentang berinvestasi :)

      Delete
  2. Yahh gajinya jauh dari 5jt gimana donk 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5jt hanya contoh :D Nominal kita sendiri yang tahu dan bisa mengatur dengan cara seperti di atas :D

      Delete

  3. Thanks infonya. Oiya ngomongin generasi milenial, ternyata saat ini ada loh platform pengembangan dana buat generasi tersebut. Dan katanya sih menguntungkan banget. Selengkapnya, temen-temen bisa cek di sini: pengembangan dana untuk milenial

    ReplyDelete

eeitss.. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu ya :)