Objek Wisata Kampung Vietnam yang Penuh Sejarah

Assalamualaikum teman-teman...

Kali ini aku mau memperkenalkan kepada kalian semua, suatu objek wisata yang sangat bersejarah di Batam. Nah, seperti yang kita ketahui selama ini ya, Batam merupakan suatu daerah yang berada pada kawasan segitiga bisnis, yaitu antara Batam (Indonesia) - Singapore- Johor (Malaysia) sehingga tak heran banyak orang yang berlomba untuk mengunjungi Batam.


Namun, tahu tidak kalian, selain dari sektor bisnis yang unggul di Batam ini, ada salah satu sektor juga yang tidak bisa dipisahkan dari Batam yaitu sektor pariwisatanya. Sebagian wisata di Batam di dominasi oleh wisata bahari yang secara letak strategisnya kita ketahui Batam merupakan salah satu kota kepulauan. Dilihat dari sudut pandang yang berbeda, kota Batam ternyata juga memiliki salah satu objek wisata bersejarah yang sayang jika kalian lewatkan jika kalian sedang di Batam. Untuk itu aku akan mengulas sedikit objek wisata ini sebagai gambaran kalian agar mengunjunginya secara langsung. Simak penjelasannya dibawah ini ya.


Menuju kampung vietnam berhenti untuk foto di jempatan satu 😁

  • Lokasinya
Objek wisata kampung Vietnam ini berlokasi di sekitar jempatan 4 barelang. Untuk menuju kampung vietnam tidak ada transportasi. Jika kalian ingin kesini hanya ada dua pilihan yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa ojek yang berkisar kurang lebih 200rb pulang-pergi. Jarak antara lokasi kampung vietnam dengan pusat kota berjarak kira-kira 50km. Lumayan jauh juga sih, tapi teman-teman tidak rugi jika kesini karena sekaligus akan menikmati bentang alam yang indah di sekitar jembatan barelang.

  • Sejarahnya
Mungkin sebagian dari teman-teman bertanya-tanya. Kok bisa ada sih kampung vietnam di Batam? gimana sih ceritanya? Jadi ceritanya, dulu itu sekitar tahun 1979 terjadi perang saudara di Vietnam, sehingga sebagian masyarakat Vietnam pergi ke Indonesia tepatnya di Batam untuk mencari suaka. Selama mereka di Indonesia, mereka mendapatkan kehidupan yang layak dari pemerintah Indonesia. Singkat cerita setelah masalah di negaranya selesai, merekapun kembali ke negaranya. Nah, bangunan-bangunan dan segalanya yang digunakan mereka selama di Indonesia ini ditinggalkan. Sehingga, peninggalan-peninggalan ini dijaga sampai sekarang untuk membuktikan bahwa sejarah itu memang pernah ada dan terjadi.

  • Peninggalannya
Jika teman-teman mengunjungi objek wisata kampung Vietnam ini, kalian langsung terkesima melihat peninggalan yang sangat terjaga. Walaupun keberadaan kampung Vietnam ini sudah lama, tapi berbagai peninggalannya tetap terus dijaga. Bahkan, ada musium khusus untuk kampung Vietnam. Didalam museumnya kalian bisa melihat para korban saat pencarian suaka, selanjutnya peralatan sehari-hari pun masih ada seperti piring-piring, berbagai macam kaca-kaca dan segala hal yang digunakan untuk kelangsungan hidup. Selain itu, peninggalan yang lain juga ada seperti bangunan rumah sakit, gereja, hingga klenteng. 
Klenteng bekas peninggalan masyarakat Vietnam

Salah satu kapal yang digunakan masyarakat Vietnam menuju Indonesia

Nah itudia sedikit cerita tentang kampung Vietnam. Biar gak penasaran langsung kesini aja ya 😊

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

4 komentar:

  1. Angker gak tu ya kampung Vietnam, pernah dengar story apa gitu ad yg pernah d bantai, jdi tempat nya angker, bukan kampung Vietnam yah???

    ReplyDelete
  2. Penulis blog nya kurusan pdhal dlu gendut nya lebih dari aku 😄 semangat nulis hal yg bermanfaat 💪

    ReplyDelete

eeitss.. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu ya :)