RPP PPKN KELAS 7 BAB 4 (SEMESTER GENAP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                      :   SMP/ MTs

Mata Pelajaran        :   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas /Semester        :   VII/Genap

Materi Pokok            :   Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Tahun Pelajaran      :   2019/2020

Alokasi Waktu          :   5 x 120 JP  (5 Pertemuan)

 

A.    Kompetensi Inti

KI 1      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3      Memahami pengetahuan a(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

 

NO

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.      

1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan.

1.4.1       Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

1.4.2       Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.      

2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.4.1       Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.4.2       Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras.

3.      

3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

 

3.4.1       Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia.

3.4.2       Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

3.4.3       Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.

3.4.4       Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.

3.4.5       Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.

3.4.6       Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.

3.4.7       Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4.      

4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4.4.1       Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4.4.2       Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

 

C.    Tujuan Pembelajaran

1.     Pertemuan Pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:

à  Menganalisis faaktor penyebab keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia

2.     Pertemuan Kedua

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:

à  Menganalisis keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat Indonesia

3.     Pertemuan Ketiga

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:

à  Menganalisis arti penting persatuan dan kesatuan

4.     Pertemuan Keempat

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:

à  Menganalisis perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan

5.     Pertemuan Kelima

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:

à  Membahas proyek kewarganegaraan

 

Fokus nilai-nilai sikap

1.     Toleransi

2.     Menghargai perbedaan Agama

3.     Persahabatan

4.     Menghormati keragaman suku, budaya dan Agama

 

 

 

 

D.    Materi Pembelajaran

1. Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia

a. Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

 

b. Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya

Keberagaman bangsa Indonesia, terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana. Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Menurut penelitian Badan Pusat Statistik yang dilaksanakan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Antarsuku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.

 

c. Keberagaman Agama dan Kepercayaan

 

d. Keberagaman Ras

 

2. Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara. Keberagaman suku bangsa, budaya, ras, agama, dan antargolongan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Kita tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

 

3. Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan

Persatuan dan kesatuan di sebuah negara yang beragam dapat diciptakan salah satunya dengan perilaku masyarakat yang menghormati keberagaman bangsa dalam wujud perilaku toleran terhadap keberagaman tersebut. Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terhadap martabat manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keikhlasan sesama apa pun agama, suku, golongan, ideologi atau pandangannya.

 

E.    Metode Pembelajaran

1.     Pendekatan                              :  Scientific Learning

2.     Model Pembelajaran               :  Pertemuan 1. Jigsaw

   Pertemuan 2. Discovery Learning

   Pertemuan 3. Problem Base Learning

   Pertemuan 4. Inquiry Learning

   Pertemuan 5. Project Base Learning

 

3.     Metode Pembelajaran             :  Pertemuan 1. Diskusi

   Pertemuan 2. Diskusi

   Pertemuan 3. Diskusi

   Pertemuan 4. Diskusi

   Pertemuan 5. Diskusi

 

F.     Media Pembelajaran

1.     Media LCD projector,

2.     Laptop,

3.     Bahan Tayang

 

G.   Sumber Belajar

1.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3.     Modul/bahan ajar,

4.     Internet,

5.     Sumber lain yang  relevan

 

H.   Langkah-langkahPembelajaran

 

1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

 

1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.     Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu daerah di Indonesia atau bermain permainan daerah.

3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab suku dan budaya di Indonesia, dan mengamati gambar keberagaman bangsa Indonesia.

4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.

5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.

6.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15

menit

Kegiatan Inti

Kegiatan Pembelajaran

1.     Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 siswa.

2.     Guru memberi tugas dan materi yang berbeda untuk tiap anggota dalam kelompok.

3.     Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbab mereka.

4.     Setelah selesai diskusi sebagian tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar/melaoporkan hasil diskusinya kepada teman satu tim mereka tentang subbab yang dibahas.

5.     Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya.

6.     Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh, seperti berikut ini.

a)     Hubungan suku dengan wilayah secara geografis.

b)     Hubungan suku dengan budaya.

c)     Persamaan dan perbedaan suku dan budaya.

7.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.

90

menit

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

 

1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal

2.     Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat perumusan, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.

a)     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat?

b)     Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?

c)     Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?

d)     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?

e)     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi soal disusun guru sesuai indikator pencapaian kompetensi.

5.     Guru menjelaskna materi pertemuan berikutnya dan tugas mempelajari materi Bab 4, Subbab A.

15

menit

 

1. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

 

1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.     Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu daerah di Indonesia atau bermain permainan daerah.

3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab ras, agama dan antargolongan di Indonesia.

4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.

5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.

6.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15

menit

Kegiatan Inti

Kegiatan Pembelajaran

1.     Guru membagi kelas menjadi delapan kelompok atau sesuai kebutuhan.

2.     Guru membimbing peserta didik mengamati keanekaragama suku, agama, ras, dan antargolongan dalam masyarakat di sekitar peserta didik, dan mengkaji berbagai keanekaragaman bangsa Indonesia yang ada di buku paket maupun di sumber belajar lainnya.

3.     Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaitan keberagaman ras, agama, dan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.

4.     Guru membimbing menyusun pertanyaan agar sesuai indikator pencapaian kompetensi, seperti : siapa, apa, kapan, bagaimana, mengapa keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat Indonesia dan faktor-faktor penyebab keberagaman tersebut.

5.     Guru membimbing peserta didik mencari informasi dari berbagai sumber belajar dan mendiskusikan pertanyaan yang disusun dan melakukan Aktivitas 4.2.

6.     Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan mengkajinya dengan nilai-nilai luhur Pancasila yang seharusnya tetap ada dalam masyarakat Indonesia.

7.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.

8.     Guru membimbing peserta didik menyusun hasil telaah nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat. Laporan hasil telaah dapat bentuk bahan tayang, display, atau bentuk lain.

9.     Guru membimbing peserta didik menyajikan hasil telaah keberagaman hasil telaah nilai-nilai luhur Pancasila dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam masyarakat.

90

menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

 

1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal

2.     Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat perumusan, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.

a)     Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari keberagaman ras, agama, antargolongan dalam masyarakat?

b)     Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?

c)     Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?

d)     Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?

e)     Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.

4.     Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi 4.2 atau soal yang disusun guru sesuai indikator pencapaian kompetensi.

5.     Guru menjelaskna materi pertemuan berikutnya dan memberikan tugas membaca materi Bab 4, Subbab B.

15

menit

 

1. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

 

1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu wajib nasional atau permainan.

3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai arti penting keberagaman masyarakat Indonesia.

4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.

5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.

6.     Guru menjelaskan materi ajar dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15

menit

Kegiatan Inti

Kegiatan Pembelajaran

1.     Guru membentuk kelas menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota empat sampai dengan lima peserta didik.

2.     Kelompok menentukan satu topik masalah untuk bahan kajian arti penting keberagaman masyarakat Indonesia, seperti keberagaman suku di sekolah.

3.     Peserta didik membaca berbagai berita dan perisiwa berkaitan dengan topik yang dipilih sesuai tugas Aktivitas 4.3, dan peristiwa yang terjadi di sekitar peserta didik.

4.     Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaiatan dengan berita atau peristiwa sesuai topik yang dipilih.

5.     Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai indicator pencapaian kompetensi, seperti :

a)     Apa manfaat keberagaman suku di lingkungan sekolah?

b)     Apa akibat keberagaman suku di lingkungan sekolah?

c)     Mengapa peristiwa tersebut terjadi?

d)     Bagaimana cara agar keberagaman dalam masyarakat tidak berakibat negatif ?

6.     Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan, dengan cara sebagai berikut.

a)     Membaca uraian materi Bab 4, Subbab B bagian 2 dan sumber belajar yang lain.

b)     Wawancara terhadap berbagai sumber, seperti peserta didik, guru, masyarakat, polisi, dan sebagainya.

c)     Mengamati lebih lanjut berbagai perisitiwa sesuai topik.

7.     Guru membimbing kelompok dengan memfasilitasi berbagai sumber belajar, seperti buku teks, buku penunjang, dan internet.

8.     Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok.

9.     Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti berikut ini.

a)     Hubungan antar berbagai peristiwa.

b)     Persamaan dan perbedaan penyebab peristiwa.

c)     Akibat dari suatu peristiwa.

10. Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan arti penting keberagaman dalam masyarakat.

11. Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah arti penting keberagaman dalam masyarakat persatuan dan kesatuan Indonesia secara tertulis. Laporan dapat berupa display, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.

12. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dan kelompok lain saling mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain. Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah.

90

Menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

 

1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.

2.     Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat materi pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan.

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan

4.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya bahwa setiap kelompok untuk mempelajari Bab 4 Subbab C.

15

menit

 

1. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 40 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

 

1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu daerah atau permainan daerah.

3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan.

4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.

5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.

6.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15

menit

Kegiatan Inti

Kegiatan Pembelajaran

1.     Guru membentuk kelas menjadi delapan kelompok dengan topik yang berbeda seperti toleransi terhadap keberagaman di berbagai lingkungan.

2.     Guru meminta peserta didik mengamati perilaku toleransi di berbagai lingkungan kehidupan.

3.     Peserta didik berdiskusi dalam kelompok secara dialogis untuk mengkaji suatu isu toleransi.

4.     Peserta didik menyatakan pendapatnya tentang pentingnya toleransi,

5.     Peserta didik menjelaskan mengapa ia memilih untuk memiliki sikap toleran.

6.     Guru membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang diperoleh, seperti berikut ini.

a)     Faktor penyebab perilaku toleransi

b)     Akibat apabila perilaku tidak toleransi

7.     Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk menyimpulkan perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat di berbagai lingkungan.

90

Menit

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

 

1.     Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.

2.     Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan, sikap yang diperoleh, manfaat materi pembelajaran, sikap dan tindakan yang akan dilakukan.

3.     Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil laporan

4.     Guru menjelaskan rencana kegiatan pertemuan berikutnya bahwa setiap kelompok untuk melakukan proyek kewarganegaraan.

15

menit

 

1. Pertemuan Ke-5 ( 3 x 40 menit )

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

 

1.     Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.     Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik menyanyikan lagu daerah atau permainan daerah

3.     Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai praktik kewarganegaraan menampilkan budaya daerah Indonesia.

4.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.

5.     Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.

6.     Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.

15

Menit

Kegiatan Inti

Kegiatan Pembelajaran

1.     Guru membentuk kelas menjadi dengan anggota 4 sampai dengan 5 orang, dengan anggota yang berbeda-beda, seperti jenis kelamin, agama, asal daerah, dan sebagainya.

2.     Guru meminta peserta didik mengamati gambar. Juga berbagai budaya daerah yang ada di Indonesia dan sekitar lingkungan peserta didik, seperti tarian, lagu, musik, pakaian, dan sebagainya.

3.     Kelompok menentukan satu bentuk budaya yang akan ditampilkan dalam pentas budaya Indonesia di kelas.

4.     Guru membimbing peserta didik mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan tugas praktik kewarganegaraan.

5.     Guru membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai indicator pencapaian kompetensi.

6.     Guru membimbing kelompok mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan yang telah disusun, dengan mengamati bentuk interaksi secara langsung dan atau wawancara dengan nara sumber. Juga membaca berbagai sumber bacaan atau internet.

7.     Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok.

8.     Guru membimbing kelompok berlatih sesuai budaya yang akan ditampilkan, dengan kerjasama dengan orang tua.

9.     Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dalam praktik kewarganegaraan, seperti berikut ini.

a)     Makna dari budaya daerah.

b)     Manfaat budaya daerah.

10. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan praktik kewarganegaraan

11. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan budaya daerah dalam pentas budaya Indonesia.

12. Guru membimbing kelompok lain untuk memberikan penilaian dan apresiasi atas penampilan kelompok lain.

90

Menit

 

Catatan :

Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

 

Kegiatan Penutup

 

1.      Guru memberikan apresiasi kepada kelompok yang tampil dengan penampilan paling menarik

2.      Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan manfaat dari pembelajaran yang telah dilakukan

15

menit

 

I.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

1.Teknik Penilaian:

à Sikap (Spiritualdan Sosial)

â  Observasi (jurnal) (Terlampir)

 

à Pengetahuan

â  Observasi dan Ter tertulis (Terlampir)

 

 

à Keterampilan

â  Kinerja (Terlampir)

 

2.Pembelajaran Remedial:

Kegiatan pembelajaran remedial dilaksanakan dalam bentuk:

à  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar

à  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal)

 

 

 

 

3.Pembelajaran Pengayaan:

Kegiatan pembelajaranpengayaan dilaksanakan dalam bentuk:

à  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.

à  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.

à  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas

 

                                                                                   

                                                                                       Batam,           Januari 2020

 

Mengetahui,      

Kepala SMPN 9 Batam                            Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra. Eny Murtiyastuti, M.Si                 Widia Kusuma Wardani, S.Pd

NIP. 19650928 199802 2 003                   NIP. 19960602 201903 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Penilaian Sikap

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial

 

Nama Sekolah           :SMPN 9 Batam

Kelas/Semester         : VII/Ganjil

Tahun pelajaran       : 2019/2020

Mata Pelajaran         : PPKN

 

 

No

 

Waktu

Nama

Siswa

 

CatatanPerilaku

 

ButirSikap

 

Ttd

Tindak

Lanjut

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

………………………..

Penilai

 

 

(……………..…....…)

 

Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual

 

Nama Sekolah           : SMPN 9 Batam

Kelas/Semester         : VII/Ganjil

Tahun pelajaran       : 2019/2020

Mata Pelajaran         : PPKN

 

 

No

 

Waktu

Nama

Siswa

 

CatatanPerilaku

Butir

Sikap

Ttd

Tindak

Lanjut

1.

 

 

 

 

 

...

2.

 

 

 

 

 

 

Dst..

 

 

 

 

 

 

 

………………………..

Penilai

 

 

(……………..…....…)

 

 

 

 

2.     Penilaian Pengetahuan

 

Instrumen Observasi Pengetahuan

Kelas : ……..............…….

Semester : ……..............…….

Pengetahuan yang dinilai :

Macam-Macam Norma

No

Nama Peserta Didik

Jawaban Peserta Didik

Menjawab Saja

Mendefenisikan

Mendefinisikan dan sedikit Uraian

Mendefinisikan dan Penjelasan Logis

1

2

3

4

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

Observasi pengetahuan peserta didik dilakukan dalam bentuk mengamati diskusi dan pemikiran logis yang berkembang dalam diskusi. Penskoran aktivitas diberi skor rentang 1-4, dan nilai maksimal 100. Adapun kriteria skor diantaranya sebagai berikut.

Skor 1 jika jawaban hanya berupaya menjawab saja.

Skor 2 jika jawaban berupa mendefinisikan.

Skor 3 jika jawaban berupa mendefinisikan dan sedikit uraian.

Skor 4 jika jawaban berupa mendefinisikan dan penjelasan logis.

Nilai = Skor Perolehan × 25

 

Uji Kompetensi 4.1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.     Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia!

2.     Jelaskan 3 (tiga) suku bangsa di Indonesia, mengenai :

a.      asal daerah,

b.     bahasa yang digunakan, dan

c.      pakaian yang digunakan.

3.     Jelaskan masing-masing 3 (tiga) budaya berikut dan asal daerah :

a.      lagu daerah,

b.     tarian daerah, dan

c.      alat musik daerah.

 

Jawaban

1.     Penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

a.      Letak strategis wilayah Indonesia.

b.     Kondisi negara kepulauan.

c.      Perbedaan kondisi alam.

d.     Keadaan transportasi dan komunikasi.

e.      Penerimaan masyarakat terhadap perubahan. (nilai 40)

2.     Tiga suku bangsa di Indonesia berkaitan dengan asal daerah, bahasa yang digunakan dan pakaian adat yang digunakan (disesuaikan dengan lingkungan daerah tempat tinggal sekitarnya). (nilai 30)

3.     Tiga contoh kebudayaan daerah berkaitan dengan lagu daerah, tarian daerah, dan alat musik daerah (disesuaikan dengan lingkungan daerah tempat tinggal sekitarnya. (nilai 30)

 

Uji Kompetensi 4.2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.     Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia!

2.     Jelaskan 3 (tiga) manfaat keberagaman di lingkungan sekolah!

3.     Bagaimana upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?

 

Jawaban

1.     Penyebab keragaman agama di Indonesia diakibatkan pengaruh letak geografis kepulauan dan jalur perdagangan internasional.(30)

2.     Tiga manfaat keragaman di lingkungan sekolah, antara lain sebagai berikut.

a)     Menghargai perbedaan dalam lingkungan pergaulan dengan teman di sekolah

b)     Saling mengenal satu sama lain.

c)     Memperkokoh persatuan dan kesatuan.(30)

3.     Upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa, antara lain dilakukan dengan cara sebagai berikut.

a)     Tidak menonjolkan perbedaan keberagaman dalam pergaulan hidup seharihari.

b)     Mengedepankan persamaan sebagai warga negara Indonesia.

c)     Saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada.(40)

Nilai soal 1 + Nilai Soal 2 + Nilai Soal 3 = 100

3.     Penilaian Keterampilan

Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik penilaian kinerja untuk menilai aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik.

 

No

Nama Peserta Didik

Kemampuan Bertanya

Kemampuan Menjawab/

Berargumentasi

Memberi Masukan/Saran

Mengapresiasi

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

1

Ani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Anna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Dst...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan                 : Diisi dengan tanda cek ( )

Kategori Penilaian      : 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

Nilai = Skor Perolehan × 50

2

 

No

Aspek

Penskoran

1

Kemampuan Bertanya

Skor 4 apabila selalu bertanya.

Skor 3 apabila sering bertanya.

Skor 2 apabila kadang-kadang bertanya.

Skor 1 apabila tidak pernah bertanya.

2

Kemampuan

Menjawab/

Argumentasi

Skor 4 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.

Skor 3 apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas.

Skor 2 apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas.

Skor 1 apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas.

3

Kemampuan

Memberi

Masukan

Skor 4 apabila selalu memberi masukan.

Skor 3 apabila sering memberi masukan.

Skor 2 apabila kadang-kadang memberi masukan.

Skor 1 apabila tidak pernah memberi masukan.

4

Mengapresiasi

 

Skor 4 apabila selalu memberikan pujian.

Skor 3 apabila sering memberikan pujian.

Skor 2 apabila kadang-kadang memberi pujian.

Skor 1 apabila tidak pernah memberi pujian.

 

 


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Post a Comment

eeitss.. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu ya :)