How Is Your 2019? Mine Is Nice

Assalamualaikum teman...


Hallo.. Long time no see

Terakhir nulis disini sekitar bulan april deh ya kalau tidak salah. Okelah guys, aku langsung mau cerita aja soalnya udah lama gak cerita disini. 

Kali ini aku mau ngereview gimana sih hari-hariku ditahun 2019 kemarin? 
2019 ku sangat luar biasa, begitu banyak pengalaman dan pembelajaran yang aku dapat. Banyak kesempatan juga yang aku coba, 2019 mungkin tahun ter-produktif ku selama aku lulus kuliah. Setelah akhir tahun 2018 kerjaanku hanya makan tidur aja  (karena nganggur) xixixi.

Kita mulai bahas dari induknya bulan ya, yaitu Januari....

1. Januari
Januari ku dimulai dengan kesibukan menunggu pengumuman. Januari banyak aku habiskan dengan berselancar di internet. Kerjaan aku buka portal instansi tempat aku melamar. Sampai akhirnya berita yang kami tunggu datang di bulan Februari.

2. Februari
Februari adalah bulan yang membuat aku harus mengelilingi Batam. Kenapa gitu? karena aku harus ngurus berbagai macam surat menyurat serta persyaratan yang akan digunakan untuk pemberkasan seleksi yang aku ikutin. Mulai dari pembuatan SKCK (untuk yang belum tau gimana cara mengurus SKCK dibatam mampir kesini ya), aku harus ngulang SKCK yang aku buat karena keterangannya tidak sesuai dengan anjuran instansi. Selanjutunya, pengurusan NPWP, pembuatan kartu rekening, dan laporan kepada instansi, hingga pemberkasan. Dibulan ini aku banyak bertemu dan kenal dengan teman-teman baru yang senasib seperjuangan :D

3. Maret
Maret bulan yang sangat bersejarah untuk kami semua. Karena bulan ini kami pengangkatan menjadi abdi negara. Setelah itu di maret juga kami mulai diperkenalkan kepada dinas masing-masing dan mulai aktif bekerja di instansi dibulan ini juga. Bulan Maret merupakan awalan dan langkah baru untuk aku dan ketiga rekanku satu instansi. Lokasi kantor yang luar biasa untuk kami. Semangat!!!

4. April-Mei-Juni
Bulan ini aku belajar beradaptasi dengan lingkungan baru. Banyak hal yang sangat menggembirakan, banyak pelajaran, dan banyak cerita yang dikesempatan lainnya akan aku ceritakan :)

5. Juli-Agustus
Juli sampai Agustus adalah bulan yang penuh tantangan dan kerja keras. Dibulan ini aku ikut latihan dasar prajabatan untuk pegawai baru. Selama tiga minggu tinggal di asrama. Minggu pertama minggu yang sangat berat karena belum terbiasa hidup dengan aturan superketat dengan aturannya angkatan. Aku akan buat satu postingan khusus untuk prajabatan ini ya, secepatnya. Sebelum memori dan ingatan tentang hari-hari di asrama memudar :D

6. September
September ini masa-masa aku melakukan aktualisasi, yaitu menerapkan rancangan proposal yang aku buat saat aku prajabatan. Nah, jadi saat prajabatan kita akan seminarin rancangan proposal dan kemudian akan kita aktualisasikan pada satu bulan setelah persentasi rancangan. Pada bulan ini aku kembali lagi ke asrama untuk memaparkan hasil dari aktualisasi aku dan masa prajabatan ini selesai pada bulan September dengan hasil yang cukup memuaskan walaupun ada banyak kesalahan yang aku lakukan. Next kita akan kupas tuntas tentang prajabatan ya :)

7. Oktober
Oktober aku isi dengan mengikuti pelatihan kepenulisan yang ditaja oleh G2M2. Aku sengaja ikut ini untuk mengasah lagi kemampuan dalam menulis terutama dalam menulis cerita fiksi. Hasil dari kegiatan ini ialah terbitnya buku Antologi pertama ku, masih dalam masa percetakan. Semoga bisa menghasilkan karya-karya bermanfaat selanjutnya. Aamiin.

8. November
November kembali diisi dengan pelatihan. Pelatihan pertama yang aku ikutin yaitu PKP. Proses untuk mengikuti pelatihan ini juga tarik ulur tapi alhamdulillah masih rezeki. Pelatihan PKP aku ikuti selama lima minggu yang ditutup dengan ujian serentak bersama rekan-rekan yang lain. Disini aku bisa ketemu dengan senior-senior hebat yang banyak aku ambil pelajaran bersama mereka. Selanjutnya November ini juga aku isi dengan mengikuti pelatihan Inovel yang diselenggarai oleh dinas. Pelatihan inobel aku ikutin selama tiga hari yang bertempat disalah satu hotel di kota batam. Aku kembali dipertemukan dengan rekan-rekan semasa prajabatan dan membuat kami kembali bernostalgia haha.

9. Desember
Kita tiba di penghujung tahun. Desember ini aku isi dengan santai yaitu dengan mengulas hal-hal apa saja yang sudah aku lakukan ditahun ini serta mulai memikirkan hal apa yang harus menjadi pencapaian di tahun depan :)


Selesai... Itu dia seluruh kegiatanku selama tahun 2019 kemarin, nah kira-kira tahun ini apa lagi ya yang harus dicapai?
Bagiku, hidup adalah proses pembelajaran. Setiap waktu ada dimana saat kita harus belajar. Setelah belajar usai, harus ada suatu pencapaian ataupun suatu hal yang bernilai yang diakibatkan oleh proses pembelajaran sebelumnya. Semangat lagi yuk teman-teman di tahun ini... 
WE CAN DO IT !! :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Post a Comment

eeitss.. Jangan lupa tinggalkan jejak komentarmu ya :)